Rabu, 28 Mei 2008

Mengapa tarekat itu sesat?

Kata Syeikh Ahmad Al-Rafaie, ” Tidak ada jalan yang lebih mudah menghampirkan diri dengan Allah kecuali melalui Tarekat“. Tarekat rupakan bagian terpenting dari pelaksanaan syariat Islam di bidang Tasauf. Mempelajari ilmu Tasauf dengan tidak mengetahui dan melakukan tarekat dianggap sia-sia. Prof. H. Abu Bakar Acheh dalam bukunya ‘Syariat Ilmu Fikah Menurut Kad Tarekat Kadriah’ berkata, ” Dalam ajaran Tasauf diterangkan bahwa syariat itu hanya peraturan belaka, sementara tharikat merupakan perbuatan untuk melaksanakan syariat itu. Apabila syariat dan Tarekat sudah dapat dikuasai maka lahirlah hakikat, yang tidak lain adalah memperbaiki hal ihwal zahiriah (yakni akhlak yang mulia)”.

Menurut Al Ghazali ‘ tarekat adalah sebagian perjalanan syariat batiniah’. Walau bagaimanapun untuk menjalani tarekat, menurut Imam Malik dan Imam Al Ghazali, memerlukan kekuatan di bidang ilmu syariat terutama di bidang Usuluddin (Tauhid). Kelebihan ilmu tarekat amat banyak. Menurut Imam Al Ghazali di dalam kitabnya Al Munkizu Minad Dhalalah bahwa kelebihan ilmu tarekat itu akan menjadikan seseorang yang menjalaninya mempunyai akhlak yang mulia (zahir dan batin) menepati akhlak nabi. Kata Sheikh Muhammad Al Sulaiman,” Barang siapa yang menjalani ilmu tarekat ia akan mendapat kemenangan di dunia dan di akhirat serta kesudahan matinya dalam kebajikan (Husnul khotimah) “. Ahli-ahli tarekat senantiasa bersifat tawaduk dan menjauhi takabur (ego). Kata Sheikh Syed Muhammad Saman,” Orang yang bersusah-susah dan bersunguh-sungguh menempuh jalan riadhatun nafsi (latihan melawan nafsu) dia akan mencapai darjat yang tinggi di sisi Allah SWT “.

Demikian kelebihan-kelebihan batin yang disebut di dalam kitab Sirrus Salikin tentang kelebihan tarekat. Sementara kelebihan zahiriah lainnya adalah yang menjalani ilmu tarekat ia akan mendapat kekuatan ukhwah, mendapat pertolongan Allah dari tentangan musuh, menjadikan dia taat kepada pucuk pimpinan, gigih berjuang dan berkorban dsb. Ini dibuktikan oleh kajian pihak musuh Islam tentang puncak-puncak kekuatan umat Islam dahulu. Pada zahirnya mereka tampak lemah di bidang material tapi susah untuk ditumpas dan dijajah diri, akal dan jiwa mereka.

Laurens Of Arabian salah seorang orientalis sedunia, telah membuat kajian-kajian tentang puncak-puncak kekuatan umat Islam dan didapati bahwasanya kekuatan umat Islam adalah kerana di barisan depannya adalah terdiri dari ahlil-ahli Tasauf dan ahli-ahli tarekat. Mereka adalah orang-orang yang paling gigih menentang penjajahan dan menangkis kepura-puraan yang ditaburkan oleh musuh-musuh Islam. Laurens telah membuktikan hujjahnya dengan sejarah, bagaimana gerakan tarekat Idrisiah di Maghribi (Maroko) berhasil dengan gemilang merebut kemerdekaan dari penjajah. Raja-raja kerajaan Osmaniah dan para tentaranya adalah terdiri dari ahli-ahli tarekat. Mereka berkhalwat beberapa hari sebelum keluar berperang.

Selain itu pihak orientalis atas arahan pihak kolonial telah menyelidiki juga tarekat-tarekat, antara lain Idrisiah di Libya dan beberapa negara Islam lainnya, termasuk kepulauan Melayu oleh Snouck Hurgronje orientalis Belanda di Indonesia. Hasil kajian dan laporan yang diberikan kepada pemerintah kolonial itulah yang menyebabkan lahirnya kecurigaan terhadap gerakan tarekat dalam Islam.

Laurens Of Arabian telah diarahkan supaya menyelidiki ke dalam masyarakat Islam dengan menyamar sebagai ulama dan mendalami ilmu Islam di Mekah dan Mesir (Al Azhar) dan ia telah bertemu dengan ratusan ulama besar yang masyur, memperbincangkan tentang cara untuk membiasakan umat Islam di segi kemajuan dunia seperti kebiasaan barat serta ia menyebarkan faham supaya umat Islam tidak terikat dan tidak fanatik kepada aliran mazhabiah.

Pihak penjajah memandang gerakan tarekat berbahaya bagi kekuasaan mereka. Untuk menyekat dan menghapuskannya, Prof. Haji Abu Bakar Acheh dalam bukunya Syariat telah menyampaikan puncak timbulnya ordinan’s guru tahun 1925 di Indonesia. Melalui ordinan’s itu katanya, bagi guru-guru agama yang hendak mengajar agama terutamanya bidang tarekat hendaklah mendaftarkan diri dan mendaftarkan sekaligus kitab-kitab yang hendak diajarkan.

Sementara itu di negara-negara Asia Timur, Laurens Of Arabian mengupah seorang ulama yang anti tarekat dan anti mazhab untuk menulis sebuah buku yang menyerang tarekat. Buku tersebut diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan dibiayai oleh pihak orientalis. Akibatnya kerajaan Arab Saudi setelah diambil alih oleh pemimpin yang bermazhab Wahabiah telah mengharamkan Tasauf dan Tarekat. Sedangkan di situlah (Mekah dan Madinah) asal mulanya pusat gerakan tarekat. Aliran faham anti tasauf dan tarekat itu telah menguasai di pusat-pusat pengajian di Timur Tengah dan pusat pengajian di Eropa, sehingga para pelajar termasuk di negara ini yang sekarang telah bergelar ulama mengikuti aliran itu.

Selain menggunakan media masa (buku dan majalah) untuk menghapuskan tarekat sufi, pihak musuh Islam juga menggunakan berbagai cara lain, diantaranya mereka menciptakan tarekat sesat (palsu) dan menyelewengkan tarekat yang sebenarnya dengan menyeludupkan ajaran-ajaran mereka ke dalam gerakan tarekat. Ajaran mereka itulah yang mendakwa konon mendapat wahyu, dilantik menjadi nabi, menjadi Nabi Isa, Imam Mahdi dan lain sebagainya. Di antaranya yang jelas kepada kita adalah gerakan Qadiani, Bahai, Ismailiah di India, pimpinan Agha Khan dll.

Seorang penulis barat A.J. Quine dalam novelnya The Mahdi menyampaikan tentang bagaimana dua badan dunia mewujudkan Al Mahdi palsu untuk merusak keyakinan umat Islam terhadap Al Mahdi yang sebenarnya yang disebut oleh Rasulullah SAW akan muncul di akhir zaman.Gerakan tarekat sesat (palsu) telah dikembangkan di seluruh dunia dan ini menjadi alasan bagi ulama anti tarekat untuk menguatkan hujjah mereka bahwa tarekat bukanlah ajaran Islam termasuk bertawassul itu suatu perbuatan sirik. Gerakan tarekat sesat tersebut tidak mustahil datang (tersebar) di negara kita sehingga merusak tarekat yang sebenarnya. Akibatnya pihak yang berwenang melakukan penyelidikan atas tarekat sesat tersebut kemudian membuat kesimpulan menyalahkan semua tarekat-tarekat yang ada termasuk tarekat yang haq.

Kalau pihak tertentu membuat kesimpulan mendakwa aliran tarekat semuanya sesat, lalu bagaimana kita hendak menghukumkan kepada ulama-ulama terdahulu yang mengasaskan, mengajarkan dan mengamalkan tarekat seperti Al Ghazali (Tarekat Al Ghazaliah), Syeikh Abdul Qadir Al Jaelani (Tarekat Qadiriah), Abdul Hasan Ali Asysily (Tarekat Syaziliyah), Muhammad Bin Bahaudin Naqsyabandi (Tarekat Naqsyabandiah) dan yang lainnya seperti Rafieyah, Ahmadiyah, Dasuqiyah, Satariyah dan sebanyak lebih dari 40 buah tarekat ?

Kalau terdapat kesilapan dari segi pelaksanaan oleh khalifah atau syeikh tarekat yang kemudian (mutaakhirin) ini, itu adalah disebabkan kelemahan pribadi mereka sebagai manusia. Maka tidaklah sepantasnya diambil kesimpulan mengharamkan tarekat yang haq, sama seperti menuduh pengikutnya juga sesat. Sedang mereka terdiri dari orang-orang yang salih dan para Wali Allah.

126 komentar:

JAUHDIMATA mengatakan...

semoga orang-orang yang mengatakan Thoriqoh itu sesat membaca tulisan ini...

Unknown mengatakan...

Pada kenyataannya pengikut tarekat ini banyak berbuat syirik mengkultuskan guru2 mrka...dan sangat jauh dri sunah Rasulullah...mengkafirkan yg bukan kelompok mereka....kpd pengikut tarekat banyak istighfar..bertobatlah.

Unknown mengatakan...

Pada kenyataannya pengikut tarekat ini banyak berbuat syirik mengkultuskan guru2 mrka...dan sangat jauh dri sunah Rasulullah...mengkafirkan yg bukan kelompok mereka....kpd pengikut tarekat banyak istighfar..bertobatlah.

Unknown mengatakan...

Kalau tarekat di jalan kan bersamaan dgn syariat..saya rasa, tdk sesat..hanya saja kebanyakan ahli tarekat melalaikan kewajiban yg wajib seperti shalat 5 waktu..sehingga membuat mereka ke jln yg sesat..

Lombok Update mengatakan...

Neh di lombok banyak tarekat,syareat,hakekat juga. Siapa berani bilang tarekat sesat dan pasti masuk neraka umumkan lewat media masa sudah. Saya acungkan semua jempol saya !!! Kalau bisa yang punya jenggot sampai ujung kaki yah !!!
Jangan katakan ajaran yang lain sesat,hanya Allah yang menentukan dan rosullNya.

Anonim mengatakan...

memang benar firman allah swt.... orang2 yahudi dan nasrani tidak akan rela sampai org2 islam benar2 masuk kedalam golongan mereka (yg memecah belah agama islam, mengadu domba, saling berhujjah, merubah hukum allah yg wajib dikatakan sunah, yg sunah dikatakan wajib, yg haram dikatakan halal, merasa paling benar ibadah, dll)
apakah engkau diberi akal oleh ALLAH tidak dipergunakan utk memahami isi alam dunia ini termasuk diri tubuh jasmani kita....

semua tariqah itu benar... jika pemimpin dn pengikutnya benar sebagaimana tingkah laku kesehariannya mengikuti sifat akhlaq Rasulullah....
siddiq...
amanah...
tabliq....
fatanah........

Lagu midi mengatakan...

Saya yg berani bilang kalo tarekat Naqsabandiyah itu sesat. salah satu contoh dlm doanya : "apabila surah Al-fatihah dan Al-ikhlas yang kubaca ini ada faedahnya maka kukirimkan untuk Mursyidku........pada karena mursyidku ini adalah Khalifah Allah penerus ilmu Nabi Muhammad".

Hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad:

“Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya atau anak yang shalih yang mendo’akannya”.

“وأن ليس للإنسان إلا ما سعى”.

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”. (QS. An-Najm: 39)

Hai orang2 yang Bertobatlah kalian sebelum matimu.... sungguh Allah maha menerima taubat bagi yang betul2 taubat.

Lagu midi mengatakan...

Saya yg berani bilang kalo tarekat Naqsabandiyah itu sesat. salah satu contoh dlm doanya : "apabila surah Al-fatihah dan Al-ikhlas yang kubaca ini ada faedahnya maka kukirimkan untuk Mursyidku........pada karena mursyidku ini adalah Khalifah Allah penerus ilmu Nabi Muhammad".

Hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad:

“Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya atau anak yang shalih yang mendo’akannya”.

“وأن ليس للإنسان إلا ما سعى”.

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”. (QS. An-Najm: 39)

Hai orang2 yang Bertobatlah kalian sebelum matimu.... sungguh Allah maha menerima taubat bagi yang betul2 taubat.

Lagu midi mengatakan...

Saya yg berani bilang kalo tarekat Naqsabandiyah itu sesat. salah satu contoh dlm doanya : "apabila surah Al-fatihah dan Al-ikhlas yang kubaca ini ada faedahnya maka kukirimkan untuk Mursyidku........pada karena mursyidku ini adalah Khalifah Allah penerus ilmu Nabi Muhammad".

Hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad:

“Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya atau anak yang shalih yang mendo’akannya”.

“وأن ليس للإنسان إلا ما سعى”.

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”. (QS. An-Najm: 39)

Hai orang2 yang Bertobatlah kalian sebelum matimu.... sungguh Allah maha menerima taubat bagi yang betul2 taubat.

Anonim mengatakan...

Ass.Wr.Wb
Orang-orang itu boleh berpendapat sendiri, dia mengerti apa yang ia katakan...bisa ketulusan dan mungkin kebencian... yakin lah ... apa yang kita dapatkan memiliki niat baik, hasilnya akan kita terima baik... terus semoga sukses...

Anonim mengatakan...

kembali ke diri kita masing2 aja.
gitu aja kok repot

Anonim mengatakan...

Aku tidak mengerti dengan pikiran orang-orang jaman sekarang,Aku hanya mengerti pikiran orang-orang jaman Nabi Muhamad,Sahabat dan Tabiin..

Anonim mengatakan...

Aku dari Tarekat dan cara ku untuk lebih dekat dengan Allah,dengan cara sholat fardhu,perbanyak sholat sunat dzikir dan wirid.
Wirid di sini murni tujuannya hanya supaya dekat dengan Allah bukan wirid untuk tujuan lain..

maspekok mengatakan...

Yg jelas doa yg dipanjatkan ke hadirat Allah akan sampe baik untuk yg masih hidup ataupun yg sudah meninggal dunia di situlah kebesaran Allah yg maha pengasih lagi penyayang Rahman dan Rahim Amien...

Unknown mengatakan...

Al-Qur'an itu adalah rahmat, rahmat Allah swt itu meliputi seluruh alam semesta baik yang nyata dan nampak maupun yang ghaib atsu tidak nyata atau tidak nampak tidak bisa diraba dan tidak bisa di rasa. Artinya membaca Al-Qur'an surat apapun pasti mendatangkan rahmat, jangan gampang menyimpul kan hal itu tidak bermanfaat bagi yang orang yang sudah mati karena kita hanya mengerti bahwa orang mati itu tidak bernyawa lagi padahal untuk orang2 tertentu yang menurut kita mati, Allah swt mengatakan mereka itu tidak mati ( QS; Al-Baqarah : 154) bahkan merekapun masih mendapat rizki dari Allah swt.
Berdasarkan Hadits yang berbunyi : Apabila seseorang telah meninggal dunia maka putuslah semua amalnya kecuali 1. Shadaqah jariah (mestinya di tafsirkan dan di ulas dengsn teliti); 2. Ilmu yang bermanfaat (ini juga harus di tafsirkan dan di ulas secara mendalam); 3. Do'a anak ysng shaleh (anda harus menjelaskan bagaimana jika ada orsng yang meninggal tapi tidak memiliki anak).
Al-Qur'an itu Kalamullah yang di turunkan dengan ilmu Allah, banyak rahasia yang tidak bisa anda singkap dan anda uraikan hanya dengan mengandal kan ilmu fiqih kecuali hanya kulitnya saja. Manusia tidak hanya terdiri dari jasmani saja yang bersifat materi tapi ada juga ruhani yang juga memiliki kebutuhan agar tetap hidup dan bersinar.
Anda yang berani mengatakan Tarekat itu sesat, mungkin anda itu dungu atau bebal. Ilmu anda itu belum seberapa mungkin baru mengenal beberapa dalil hadits sungguh naif sekali.
Imam Al-Ghazali itu ilmunya selangit kali, beliau itu muhadits, mufasir, ahli ilmu kalan, filisof yang tidak ada tandingnya pada zamannya. Di usia 40 tahun beliau sudah menjadi rektor di Baghdad, dan beliau mengatakan jika hanya cukup berpegang pada ilmu syariat, maka kita tidak akan sampai kemana-mana. Artinya ibadah yang kita laksanakan hanya sekedar rutinitas saja, kosong gak ada usinya.
Tidak ada Tarekat atau tasawuf yang sesat, yang sesat itu individu manusianya. Sama dengan sekolah tidak semua murid pintar, tapi bukan karena ada murid bodoh terus sekolahnya di bilang pencetak orang bodoh.

Unknown mengatakan...

yang jelas kalau sampai ada aliran tarekat yang sampai meninggalkan sholat 5 waktu ya = sesat.mengkultuskan guru= sesat. bahkan sampai ada yang menganggap zikir lebih utama dari sholat 5 waktu. padahal kita sebagai umat musli8m di wajibkan menegakkan sholat 5 waktu.

Unknown mengatakan...

herannya juga orang orang tarekat yang aku kenal itu suka tinggi hati, sombong dan takabur. itu yang saya kenal kebanyakan begitu. bahkan menganggap baju almarhum gurunya/kyainya bisa mendatangkan berkah. sampai baju tsb mendapat perlakuan istimewa. itu kan syirik. ada yang sampai rela pergi ke jombang hanya untuk mendapatkan tasbih seorang kyai yang dianggapnya bisa memberikan kebaikan bila ia bertasbih dengan tasbih tsb. mereka jadinya seperti aliran klenik. suka dengan benda benda yang dianggap sakti. bahkan di buru. rela memberikan guru/kyainya hadiah hadiah super mahal demi mendapatkan doa doa/amalan/amalan untuk pembuka rejeki mereka. saya tidak ngarang. bahkan mengklaim bahwa guru mereka bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan dan bagaimana menangkal keburukan. padahal hanya Allah saja yang mengetahui hal yang ghaib. saya rasa mereka ini tidak kuat dasar/syariatnya, terus sok masuk aliran tarekat dan merasa\ sudah mengenal Tuhan dan islam ,eh malah jadinya keblinger kayak orang gila.sadisnya lagi mereka menganggap bahwa bila berdoa dan meminta langsung ke Allah tidak akan didengar Allah kecuali melalui wasilah. jadinya mereka sering minta di doain sama kyainya krn mereka yakin seorang kyai itu manusia suci yang gak punya dosa sama sekali .jadi kalo berdoa minta sama kyai , maka lewat perantara kyai doa kita akan dikabulkan Allah tanpa peduli lagi apakah kita banyak dosa dan suka berbuat maksiat.

Unknown mengatakan...

apakah itu tidak musyrik? urusan dunia mereka serahkan ke kyai. padahal Allah berkata: mintalah hanya kepada KU dan jangan bergantung kepada makhluk. jelas itu semua tanda menduakan Allah. Siapa yang menduakan Allah dan membuat sekutu bagi Allh, maka nanti di akhirat dia diminta Allah agar mendatangkan makhluk/sembahannya yang sewaktu di dunia dianggapnya sebagai penolongnya untuk bertanggung jawab /menolong dia .Emang bisa? pada masa itu manusiasudah sibuk dengan urusan masing masing. tanggung jawab sendiri dosa dosa dan amal ibadah.bagi pengikut tarekat sesat, segera bertobat dan jangan pernah coba coba memepelajari ilmu yang kau tidak sanggup bila tidak memiliki dasar iman yang kuat. Bisa terjerumus jadi akhli maksiat kepada Allah. teman gue bahkan sampai ada yang gila . jangan sok . Syeh Abdul Qadir itu bukan orang sembarangan. hanya orang orang yang memiliki akhlak dan iman yang kuat serta benar benar takut dan tunduk akan perintah Allah yang mampu menjalaninya. nah kita manusia biasa masih cinta dunia sok masuk dunia tarekat. coba lo yang ngaku tarekat, berani gak sejujur abdul qadir jaelani sewaktu di hadang perampok malah jujur ngaku bahwa dia emang menyimpan uang emas di balik jahitan bajunya. hanya manusia yang benar benar suci kyk dia yang mampu menjalani ilmu ini. yang gak berani berkata dusta sekalipun terhadap musuhnya yang terang terang sedang mengancam nyawanya. elo semua kebanyakan yang gue temui masuk tarekat justru karena menginginkan dunia,makanya ilmunya kagak dapet dapet.

Unknown mengatakan...

kalau pelajaran belum di dalami mah pasti akan bilang susah,kalau sesuatu yg asing d lihat pasti bilang'a sesat..itu lah prinsif org" pasif yg tdk mau mencari kebenaran.

Unknown mengatakan...

kesesatan dan kekafiran ada pada orang yang suka memvonis orang lain kafir dan sesat,,,

Anonim mengatakan...

@fuspa muba : Anda pahami dan cari tau sendiri sendiri seperti apa amalan kami, dan bagaimana kami beribadah. Baru anda boleh berkomentar.


Terimakasih

Dzikir (ingat kepada Allah) mengatakan...

Bro.. lo kan cuman kenal org yg ikut tarekat.. trus lo ngomong orang tarekat itu sesat karena (orang yg lo knal) suka tinggi hati, takabur ato apalah.. lo boleh menilai orang yg lo knal itu.. tapi lo jangan mnilai ilmu tarekat itu sesat kalo lo blum pernah mempelajarinya..

Unknown mengatakan...

Tarekat lebih memfokuskan mengenai dzikir dan dzikir terus menerus, kalau hanya itu yg di dakwahkan lalu bagaimana dengan ilmu Tauhid? Ilmu Syari'at? Ilmu Tajwid? Ilmu hadist? Dan lain sebagainya? Bro... Rasulullah memperjuang kan bukan hanya 1 ilmu tapi semua ilmu! Dibawah naungan mentauhidkan Allah azza wa jalla! Cmiiw

Unknown mengatakan...

Siiip

Unknown mengatakan...

Yang ga suka dg tarekat sini maju....

Unknown mengatakan...

Menurut gue lu,,,cerdas,,alias clengar clenger dasare,lu punya otak,lu pandai,lu pinter,tp lu ngomong ko kaya mulut wc baunya sampai sini,ingat jangan merasa tau dg pengetahuanmu saja,belajr lah tau dg hatimu.

opinovic mengatakan...

:
Bismillah..
salam, semoga Allah merahmati kita..mari tegakkan akhlak, berdebat hanya menghasilkan rapat setan, termasuk yg didebatkan soal Islam. Mohon layani teman2 yg bukan majelis zikir dgn bahasa yg teduh, krn jelas hanya soal pengetahuan. Hidayah juga hak Allah! Tasauf sebagai ilmu & Tasauf sebagai amal, ini ilmu yg tinggi, ilmiah & methodologis, bukan percakapan warung kopi atau kaki lima..jangan rendahkan diri kita berpolemik di tempat yg tak ilmiah seperti ini...
Apakah antum yg ikhwan belajar tasauf kepada sang Mursyd di kaki lima???
kepada penulis saya haturkan terimakasih membagi pengetahuannya..mohon maaf, semoga kita dijauhkan dari kesombongan syaitan...

Unknown mengatakan...

Kayanya orang non muslim yang baca debat ini tepuk tangan

Unknown mengatakan...

Tidak maslah perbedaan itu indah berdebat dan terjadi perselisihan itu wjar,nmun kita sbg golongan muslim rohmatallila'lamin,sebisa mungkin pandai mnjga ahlak ,benar itu,memang benar untuk tujuan masing2 gol,jg di cerca,jg menghina,coba tanyakan pada relung hati yg pling dlam,kmbli kebenaran yg hakiki haxa mlik allah swt,amin

Unknown mengatakan...

saya setuju pendapat dzikir(kepada allah)
kalo mau bilang tarekat itu sesat pahami dulu tarekat itu,
jangan asal bilang kalau tarekat itu sesat
jangan-jangan yang bilang tarekat itu sesat malah tidak ber agama

Bac mengatakan...

Maaf ni semau,om maupun tante.... kalian pernah dengar gak atau pernah lihat gak.aliran yg ketika kita masuk ke masjid mereka kita melaksanakan sholat. Setelah kita meningalkan tempat kita solat tdi,dan jejak kaki,tempat kita solat tdi, langsung mereka bersihkan..... sedangkan yg ikut aliran mereka jejak ny gak di bersihkan.klo kita yg gak masuk aliran mereka langsung di lap"di bersihkan". Klo saya boleh tau it aliran ap ya, dan ap pendapat kalian....tersingung atau biasa aj klian klo di lakukan nya seperti it. Jadi seolah2 kita yg orang bukan aliran meraka ini kotor kan..... tlng kasih tau pendapat kalian ya, it maksud ny mereka ap,dan bagai mana????

Unknown mengatakan...

Selama masih sholat 5 waktu, zakat, puasa dan haji sy pikir aman toh emang itu kewajiban mutlak menjalankan islam.. perbedaan paham buka jadi alasan untuk mengkafir kan suatu kelompok..

Anonim mengatakan...

Buat ane, mau tarekot, tarekit, tarikut... gak peduli / ora urus....
Kalo pun ane ikut, ane ikut Tarekat Rasulillah, Muhammad Shallallahu alaihi wasallam...
Apa yang Rasul biasa kerjakan, ikuti dan lakukan.....,
Apa yang Rasul tidak pernah kerjakan, tinggalkan....,

Simple kan..?? gitu aja repot....

Gus Luken Sunarto mengatakan...

Sebaiknya sebagai muslim sejati tidak perlu menyalahkan sesama muslim.
Pahami dulu hakekat diri sendiri,
Pada Thoriqot Hakmaliyah, saya temuakan jalan menuju manunggaling kawulo Gusti.
dan itu cara yang sangat jitu untuk memenuhi dalil: Innalillahi wainna illaihi roji'un.
Pas kiranya jika kita bisa melaksanakan ajaran tasawuf ini adar bisa kembali kepada Allah. Kembali ke jatining manusia dan kembali ke asal. (mulih ka jati, pulang ka asal; alias kembali kepada ALLAH.

gus ton mengatakan...

Thoriqoh adl jalan utk membersihkan HATI manusia dari sifat2 syaiton: 1.Sombong/merasa paling benar dan suka meremehkan atau menyesat2kan sesuatu yg tdk sesuai dg dirinya 2.Iri hati 3.Adu domba.Adam dan hawa yg terbuat dari tanah diremehkan/dianggap jelek oleh syaiton yg sombong dan ditipu daya agar keluar dari syurga.Pdhl adam adl mahluk mulia.Mari bljr dari peristiwa diatas.Mrk yg hobby menyesat2kan yg lain blm tentu lebih baik dari yg disesat2kan itu.Yg menilai semuanya adl Alloh.Mari bljr thoriqoh yg muktabaroh(resmi silsilah atau sanadnya sampai ke Rosululloh).

Unknown mengatakan...

BANTAHAN UNTUK ORANG BINGUNG
namanya doa maupun hizib yg penting minta pertolong kepada ALLOH SWT dan hikmahnya macam macam tergantung niatnya entah keselamatan entah keberkahan hidup entah kesuksesan entah kebahagiaan hidup dunia akherat apanya yg salah, tolol betul orang ini bagi orang torekot tdk bisa dipukul rata tingkat ketakwaan seseorang bagi orang torekot orang islam itu harus yg kafah artinya harus berlandaskan ilmu hakekot dan berhamparkan ilmu syareat. orang islam kalo berlandaskan ilmu syareat hanya seperti orang nasrani alias hanya spt orang yg kufur. orang islam kalo hanya berlandaskan ilmu hakekot hanyalah spt orang yahudi dan kejawen alias kafir zindik , bagi orang torekot harus berpedoman pd ; 1,,ORANG ISLAM HARUS MEMPUNYAI KALIFAH /SULTON AULIA/ GURU MURSIT HARUS BAEAT HARUS TAAT PD BELIAU DAN TDK BOLEH PUTUS SANAT SANATNYA SAMPAI KE ROSULULOH SAW SEBAB KALO PUTUS MAKA DLM HADIST RIWAYAT MUSLIM WALO IBADAHNYA BAIK SODAKOHNYA BAIK HAJINYA BAIK MAKA ANDA MATI KAFIR JAHILIYAH DAN ORANG ORANG TOREKOT SAMPAI HARI INI TDK PERNAH PUTUS DAN KEKALIFAHAN TDK DIBANGUN DENGAN CACI MAKI DAN FITNAH SPT KEKALIFAHAN SAREAT TAPI DIBANGUN ATAS DASAT KETAKWAAN DAN KETAWADUAN 2; MEMPELAJARI ILMU ITU HARUS ADA GURUNYA INGAT SIAPA BELAJAR ILMU AGAMA KALO TDK ADA GURUNYA BERARTI GURUNYA SYAITON DAN GURU HARUS MENYAMBUNG SAMPAI KE ROSULULLOH SAW SEBAB HIKMAH BERGURU ITU SALAH SATUNYA ADALAH KETAWADUAN BUKAN KETAKABURAN SEPERTI SYAITON DISURUH BERGURU PADA NABI ADAM DAN TDK MAU MAKA ORANG YG BELAJAR AGAMA TDK MAU BERGURU DISAMAKAN OLEH ALLOH SWT SPT SYAITON DARI LANDASAN DALIL DUA INI SAJA BANTAHAN KLAIM ANDA HANYA GOLONGAN ANDA ANDA ORANG YG PALING BENAR SUDAH BATAL, ORANG TOREKOT ITU TDK KAWATIR TERHADAP URUSAN DUNIA DAN MENJALANKAN SAREAT DAN BERLANDASKAN HAKEKAT HINGGA TIMBUL ILMU YG ARIF DAN BIJAK TDK MUDAH MENUDUH ORANG ITU MUSRIK DAN SIRIK DAN KAFIR SEBAB ORANG ORANG TOREKOT ITU BERMUNAJAH UNTUK MEMBONGKAR NAFSU NAFSU YG TDK DI RIDHOI ALLOH SWT DIGANTI NAFSU NAFSU YG DIRIDHOI ALLOH SWT PERNAHKAN ANDA BERMUNAJAH SPT INI JANGAN JANGAN GURU ANDA SYAITON JANGAN JANGAN ANDA TDK PUNYA KALIFAH WAH GAWAT NI SEKARANG ANDA MENUDUH KAMI TANPA BUKTI NAMANYA TUDUHAN PALSU KASIHAN ANDA

Anonim mengatakan...

Yg mencela lebih tinggi hati , you know name but you dont know the story

Unknown mengatakan...

Menurut saya apapun ajaranya dan masih yakin lailahaillallah muhammadur rasulullah kita semua sama dan kita tidak usah bertengkar .karna bukan 1 bukan 2 yg akan memecah kita banyak sekali orang atau oknum" yg akan memecah belah Islam jadi kita sebagai umat nya nabi Muhammad jangan bertengkar Cuba gara gara sepele

Unknown mengatakan...

Hahaaa kocak. Aku bukan pengikut tarekat apa apa. Tp aku doakan. Bila ortu mu nanti atau telah mati. Semoga orang tuamu mendapatkan siksa yang sangat berat d alam kuburnya. Amin....

Unknown mengatakan...

Hahaaa kocak. Aku bukan pengikut tarekat apa apa. Tp aku doakan. Bila ortu mu nanti atau telah mati. Semoga orang tuamu mendapatkan siksa yang sangat berat d alam kuburnya. Amin....

Anonim mengatakan...

rame banget saling cemooh padahal gak ngerti yang di cemoohin he..he..lucu. kalo mo nuduh tuh ngaca dulu trus cari tahu torekat tuh apa, ajrannya apa jangan asal ngomong sesat kafir dsb, tahu aja kagak

Unknown mengatakan...

Padahal dalam hidup sehari2 kita selalu menggunakan syariat toreqot hakikat makrifat,mau yg percaya atau engga.cuma ngga "NGEH" aja...hehehe
La haula wa la quwwata illa billah

Anonim mengatakan...

syari'at dan tharekat bagaikan anggota tubuh yg tdk bisa terpisahkan=tdk bisa jalan sendiri"

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Imron rosyidi muslim macam apa kau ini?? BARU KALI INI SY MENDAPATKAN SEORANG MUSLIM MENDOAKAN MUSLIM LAIN AGAR DITIMPA KESUSAHAN. demi Allah. Sy tanya kepada anda imron royidi ajaran mana yg anda pake ini?? anda muslim atau tidak? mendoakan umat muslim agar ditimpa musibah. Apakah sikap ini yg pantas dilakukan seorang muslim kepada muslim yg lain?? coba bayangkan APA REAKSI NON MUSLIM KETIKA MEMBACA ARTIKEL INI. PALING MEREKA SUDAH KETAWA" ONGKANG" KAKI MELIHAT SESAMA MUSLIM SALING MENJATUHKAN. seperti imron royidi mendoakan saudara muslimnya agar ditimpa azab yang pedih. Sy bukan SOK SUCI ATAU PANDAI DALAM HAL AGAMA YAH. PESAN SAYA JIKA ANDA MAU MENILAI SUATU AJARAN ITU BAIK ATAU BURUK JANGAN LIHAT DARI TINGKAH LAKU PENGIKUTNYA. TAPI PELAJARILAH DULU SECARA MENDALAM APA ITU HAL YG DIKATAKAN SESAT TADI. NAH KALAU ANDA SUDAH PELAJARI SECARA MENDALAM BARU SETELAH ITU ANDA YAKIN AJARAN ITU MENYIMPANG SYARIAT ISLAM ATAU TIDAK. Itu aja intinya g usah berputar" ke hal yg lain. Jika ada umat muslim menyimpang dari syariat islam mohon didoakan agar kembali kejalan yang benar. BUKAN MALAH SEBALIKNYA MUSLIM MENDOAKAN MUSLIM LAIN AGAR DITIMPA AZAB YANG PEDIH. Ini bukanlah sifat SEJATI MUSLIM.
Sy bukan menjelekkan imron yah, mohon jgn salah tanggap sy hanya mempertanyakan ajaranapa yg dia pake ini mendoakan muslim lain agar ditimpa kesusahan

Unknown mengatakan...

apa yang salah dengang berzikir dan mengingat allah, tujuan tareqatkan untuk mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dengan jalan yang ALLAH SWT berikan kepada para nabi dan rasul, jadi kalau ada orang yang bertariqat masih melanggar syari'at itu berarti adalh orangnya yang salah bukan tareqatnya, sama halnya dengan agama islam saat sekarang ini, banyak yang mengaku islam tapi masih meninggalkan kebaikan dan mengerjakan amal mungkar, bukan islamnya yang salah tapi orangnya,sedangkan islam selalu mengajarkan kebaikan dan meninggalkan yang mungkar, baik dari segi ibadah maupun perbuatan, begitu juga halnya dengan tareqat, keseluruhan aturan tareqat yang haq saya jamin insyaALLAh tidak ada yang melanggar syare'at, disini kita bertobat membersihkan hati dari kotoran dosa yang menjadi sarang syaitan, mengerjakan sunah nabi MUHAMMAD SAW, hingga lumpuhlah nafsu, ego, amarah, cinta dunia dan lain sebagainya. jadi jika ada aliran sesat dan orang bertareqat yang meninggalkan syariat, marilah dikaji niatnya apakah betul betul ikhlas karena ALLAH SWT, sedangkan orang-orang yang ikhlas dan bertawaqal, ALLAH SWT lah yang akan menunjuki jalan, tetapi kalau niat kita untuk mengharapkan selain ALLAH SWT, seperti ingin ilmu, kehormatan dan lainsebagainya sudah pasti dia lah yang menzalimi dirinya sendiri hingga menyesatkan dirinya sendiri.disinilah awal kesesatan tareqat.

JADI LURUSKANLAH NIAT KITA,IKHLAS HANYA SEMATA-MATA KARENA KECINTAAN DAN RINDU KEPADA ALLAH SWT INSYAALLAH ALLAH LAH YANG AKAN MENUNJUKI JALANNYA YANG HAQ, MEMOHONLAH KEPADA ALLAH SWT AGAR MENUNJUKKAN KITA JALAN YANG BENAR DAN MEMPERLIHATKAN MANA YANG SALAH BUKAN UNTUK MEMBENARKAN ATAU MENYALAHKAN TANPA ILMU

SAUDARA-SADARAKU YANG SEIMAN,JANGANLAH MENYALAHKAN TAREQAT ATAU YANG MEMBELA TAREQAT PASTI BENAR KARENA KITA SAMA-SAMA BERAGUMEN DAN MENGGANGGAP KITALAH YANG BENAR, ITU SEMUA ADALAH SIFAT EGO. INGAT ALLAH SWT MURKA KEPADA SETAN KARENA EGONYA YANG TIDAK MAU SUJUD KEPADA MANUSIA LALU TIMBULAH SOMBONG, ANGKUH, RIA DAN SIFAT LAIN YANG BERTALI-TALI.TAPI CARI DAN TELITI APA ITU SEBENARNYA TAREQAT YANG HAQ 'BUKAN TAREQAT YANG NYATA BERTENTANGAN DENGAN SYARI'AT".JIKA TAREQAT YANG HAQ BERTENTANGAN DENGAN AL-QUR'AN TINGGALKAN LAH TAPI JIKA PERBUATAN DAN KEYAKINAN ORANG BERTAREQAT BERLANDASKAN AL-QUR'AN DAN SUNNAH. MARILAH SAMA-SAMA KITA BENARKAN JANGAN SAMPAI KITA TIDAK SADAR AKAN EGO KITA YANG MENANGGAP KITA BENAR, KARNA PADA AKHIRNYA KITA YANG BILANG SESAT MUNGKIN BISA JADI KITA LAH YANG SESAT

MARILAH DALAM FORUM INI KITA SAMA-SAMA MENCARI YANG BENAR BERDASARKAN MUKJIZAT YANG MASIH ADA SAMPAI SAAT SEKARANG INI YAITU AL-QUR'AN DAN MEMBENARKANNYA DAN JANGAN MEMBENARKAN ATAU MENYALAHKAN SESUATU TANPA ILMU ATAU PENGETAHUAN YANG DANGKAL, BERNIATLAH MENCARI KEBENARAN KARENA ALLAH INSYAALLAH ALLAH PASTI AKAN MENJAWAB, MARI KITA TINGGALKAN EGO, EGO, DAN EGO KITA. JANGAN SAMPAI PERDEBATAN KITA MASUK KEDALAM LINGKARAN SETAN

Unknown mengatakan...

kita bisa mengambil PERUMPAMAAN SYARI'AT, TARIQHAT, HAQIQAT DAN MA'RIFAT pada contoh sebuah siswa yang bersekolah ( bagi saudara seiman yang kurang paham )

*syari'at bisa kita umpamakan bagai sebuah aturan sekolah, seperti tata cara pembelajaran atau pelajaran pelajaran yang harus dipelajari jam masuk, jam
pulang, aturan kedisiplinan sanksi-sanksi dan lain sebagainya. dalam menjalankan aturan atau pelajaran agar tidak salah atau perumpamaannya sesat tentulah perlu sebuah buku pelajaran inilah perumpamaan al-qur'an dan pedoman menjalankan aturan ini kita ibaratkan sebagai hadist.
*thareqat inilah yang bisa kita sebut jalan untuk menjalankan pelajaran dan aturan atau ketentuan tadi sesuai dengan buku pelajaran yang kita jalankan dengan membaca, menghafal dan lain sebagainya begitujuga dengan peraturan sekolah tadi kita menjalankan aturan seperti datang tepat waktu, membayar kewajiban sekolah,dan lain sebagainya.
*hakekat inilah tujuan dari semua aturan dan jalan tadi, aturan dan jalan sia-sia jika tidak tau apa tujuannya atau hakekatnya, kita ambil contoh tadi bagi orang yang ingin sukses atau selamat tentulah dia menyadari apa sebenarnya tujuan aturan ini di taati, dan apa tujuan atau gunanya belajar, tentulah agar dia sukses dan berilmu agar tidak gagal dan celaka dimasa depan nanti, untuk mencapai tujuannya dia menjalan kan aturan dan belajar segiat mungkin untuk sampai pada cita-citanya yang ia rindukan atau ia cintai karena keinginannya yang keras tadi.
*ma'rifat itulah kesuksesan

#silahkan di singkronkan perumpamaan di atas dengan islam dengan paham saudara sendiri

1.fakta pertama dalam sekolah pasti banyak beragam tipe tipe siswa contoh
-ada yang melanggar dan nakal ini perumpamaan orang kafir.
-ada yang sekolah hanya hadir duduk di kelas, mendengarkan pelajaran dan tidak melanggar aturan tetapi nilainya pas-pasan karena tidak menyadari haqekat dan ma'rifat tadi ini lah perumpamaan orang islam yang hanya menjalankan ibadah karena merasa takut masuk neraka dan tidak pernah melanggar aturan agama juga karena takut masuk neraka, inilah umat islam yang tidak paham hakekat dan ma'rifat, ini ibarat hanya tau kulit kacang tanpa mencoba isi kacang, atau merugi
-ada juga siswa yang menganggap atau prinsipnya itu seperti, apa gunanya sekolah ujung-ujungnya juga cari uang ini bisa kita maknai siswa yang ego atau idealis hingga tidak mau belajar dan menerima saran orang lain. karena menurutnya yang ia lakukan benar. ( inilah perumpamaan orang yang zalim kepada diri sendi hingga sesat atau celaka )
-dan contoh siswa siswa lainya, silahkan fikirkan menurut pandangan saudra sendiri-sendir.

2.fakta kedua yang terjadi di dunia ini dalam perumpamaan sekolah tadi, di sekolah pastilah orang yang rajin belajar di cemooh, di ejek serta di kucilkan dan di buli oleh temannya yang melanggar aturan dan pemalas. lalu pada akhirnya timbul penyesalan dan malu di masa depan atas perbuatan si pemalas di sekolah dulu. jika si anak rajin tadi telah sukses di masa depan begitu perumpamaan keadaan orang yang beriman di dunia ini.

jadi fikirkanlah perumpamaan di atas dengan hati bersih dan tenang, buanglah ego jauh jauh karena inilah yang menghambat masuknya kebenaran.

demikianlah pendapat saya tentang syari'at, tareqhat, hakeqat dan ma'rifat. mohon maaf atas kesalahan atau kekeliruan dan kekurangan, saya mohon bantuannya agar dikoreksi lagi bagi saudara-saudara yang lebih mengetahui dan paham,dan menunjuki saya.agar ilmu ini sama sama bermanfaat marilah kita sama-sama menuju jalan kebaikan dan saling peringat-memperingati tanpa penyalahan, pembenaran dan perdebatan. sekian dan terima kasih

#JANGAN DIBENARKAN DAN JANGAN DISALAH KAN
CARILAH YANG BENAR DAN TINGGALKAN YANG SALAH


عبد الله mengatakan...

Sok bilang2 sesat .Ga nyambung,,,,
Mka_y lnjutin pengajiam_y,byr tau arti طريقة.oke?,,,,

عبد الله mengatakan...

Bca silsilh_y dlu gan,byr tau apa itu طريقة.

عبد الله mengatakan...

Stujuui(coocok).

Unknown mengatakan...

Tak kenal maka tak cinta

Anonim mengatakan...

Ga boleh kaya gitu imron rosyidi tolol, sesama muslim ga boleh doain jelek. Lo gampang banget diprovokasi sama syaiton n jin dasar mental tahu dongo

Masjid Al-Mushawwir mengatakan...

Thoriqoh sufisme itu ajaran darimana apakah Rasulullah mengajarkan seperti itu,Rasulullah membawa keterangan yg nyata,jadi kita harus ingat pesan beliau:berpegang teguh dengan Qur'an dan Hadits,ikutilah jejak Rasulullah cara beribadah hidupkan Sunnah benamkan Bi
d'ah.

Masjid Al-Mushawwir mengatakan...

Thoriqoh sufisme itu ajaran darimana apakah Rasulullah mengajarkan seperti itu,Rasulullah membawa keterangan yg nyata,jadi kita harus ingat pesan beliau:berpegang teguh dengan Qur'an dan Hadits,ikutilah jejak Rasulullah cara beribadah hidupkan Sunnah benamkan Bid'ah.

Anonim mengatakan...

ygn ikutan tariqat dan yang tidak kok sama saja ya dari komentarnya.
berarti masih sama kelasnya :D

seseorang itu selama masih berpegang pada Al-Quran dan Sunnah DIJAMIN oleh Nabi Muhammad SAW. TIDAK SESAT!!! CAM kan ITU!!!

yang nuduh sesat PUNYA JAMINAN APA menuduh orang lain Sesat?

lagian ngapain kalian ngurusin orang (mau sesat/tidak)! urus saja diri kita sudah benar apa blom,

dan jangan mengatakan orang lain sesat karena bisa jadi justru yang menuduh yang sesat!!!

mudah2an pada sadar!!!

lebih baik segeralah beramal yg baik sebanyak2nya.

wassalam.

Unknown mengatakan...

Nuwun sewu..kok pada komentar gak jelas sih panjenengan sedoyo.. Lebih baik kita ketemu bareng, ngopi, bawa kitab dan diskusi.. In Sya' Allah barokah...

Unknown mengatakan...

Nuwun sewu..kok pada komentar gak jelas sih panjenengan sedoyo.. Lebih baik kita ketemu bareng, ngopi, bawa kitab dan diskusi.. In Sya' Allah barokah...

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum

Iya gak sesat lah selama mengutamakan perintah allah,sholat,zakat,puasa...katanya mau mengenal allah,bagaimana kita bisa mengenal allah sedangkan kita sendiri tidak mengikuti perintahnya,mana mau allah kenal dekat sama mahluknya yg ingkar...

Yg salah itu ketika mengutamakan sunnah daripada wajib,dzikir pake menyan,di sangkut pautkan dengan klenik,perdukunan,bikin kopi sama bakar rokok buat karuhun,,,ya difikir aja sama logika..apa yg kaya gitu gak sesat???tarekat gak sesat,tapi ada beberapa oknum pensesatan tarekat,dengan menggabungkan kalimah kejawen yg bahkan artinya kita gak tau yg di dzikirkan,sampai ada mengucilkan syariat,mereka bilang syariat hanya ilmu dasar,gak perlu syariat toh udah mengenal allah,,,,,banyak yg berhalusinasi ketika dzikir kalimah kejawen aneh yg artinya pun gak tau bilang liat sunnan lah,liat prabu lah,dll...anehhh,,katanya ilmu allah,ko dzikir bakar menyan buat karuhun,,,selamatkan tarekat yg sebenarnya,,tarekat yg gak ada klenik perdukunan dan pensesatan agama allah,perintah allah...saya di ajarkan dalam tarekat,kita harus berakal,kita harus berilmu,kita jangan bodoh...tapi jangan di akalin,dan di bodohi...tipu daya syetan ada dimana mana,kuatkan iman kita kalo kata syariat,pake akal kalo kata tarekat.subhanallah.

PRASDIKA AJI HIDAYAT mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Oiya satu lagi,kebanyakan pengikut tarekat versi sesat adalah kebanyakan orang orang yg sebelumnya sama sekali tidak belajar syariat sebagai tiangnya,kebanyakan orang orang bodoh yg bisa di bodohi dengan ilmu ilmu sihir yg manggut manggut ketika liat gurunya bisa nangkap akik sebagai contoh,kebanyakan mereka tertarik karena di bodohi jin kafir yg nyamar jadi kanjeng sunnan,jadi kanjeng prabu yg kadang menampakan diri..saya bisa nulis seperti ini karena saya pelajari dan terjun di dalamnya sebagai bahan pembelajaran,supaya saya bisa share kepada muslimin muslimat semuanya,dan saya katakan tarekat tidak sesat,yg sesat adalah oknum yg menyesatkan.yg menggabungkan tarekat dengan klenik perdukunan.

Unknown mengatakan...

Pikiranmu mungkin yg sesat om
Itulah mengapa banyak orang murtad mereka mengenal allah hanya sebatas tuhan di situ ada hadis sedikit bingung tapi pernahkah kita ingat allah di dalam jiwa kita kalau tujuan kita yg satu allah swt mungkin kah ada yg berani berbohong dengki para pejabat korupsi kenapa karena mereka hanya belajar mereka hanya mengagumi sebatas mengagumi tapi mereka tidak mengamalkan jika kita menyadarai keberadaannya mana yg bisikan setan mana yg dengan hawa nafsu bisikan biskan itu jelas dalam zikir sesungguhnya gati yg tenang tidak ada iri dengki rendah serendah rendahnya tidak merasa tampan tidak merasa memiliki apapun pandau bersyukur itu semua yg di ajarkan jngan hanya ilmu yg banyak tapi sering taubat sambal karena itu mereka tidak takut hanya takut pas membaca tetang allah murkanya jika kita sudah pasrahkan semuannya dalam hidup kita mungkin disana kita bisa tau apa tujuan kita hidup di dunia begitu juga para nabi dan khalifah sahabat rasulullah mereka meninggalkan dunianya dan berserah hanya kepada allah mereka takut akan dunia dan hanya allah di hati mereka tidak ada yg sesat selama ahli sunnah waljamaah selama semuanya kepada allah jika anda bilang tarekat itu sesat lakukan dulu dengan tujuan hanya kepada allah guru hanya menjelaskan kita yg menjalani disitulah ketenangan itulah
Banyak orang yg hampir gila karena kurabgnnya iman terombabg ambing oleh ilmu ini ilmu itu tidak bisa membedakan mana yg dari setan mana yg was was setan mana yg hasutan setan di dalam zikir semua terlihat jelas jika semua orang mengenal allah bukan sebatas belajar agama itulah penyebab tobat sambel itulah penyebab banyak yg lebih cinta lupa dunia tujuan kita cuma satu di dunia allah swt al quran di turunkan kisah kisah nabi hadis hadis baginda rasulullah saw semua tujuannya satu allah swt trus kenapa kita harus pelajar banyak agama buat kita bisa jadi alim jadi orabg beragama kenal dulu siapa yg dekat dengan kita niscaya mandi tampa bajupun kita malu itulah tarekat mengamalkan langsung bukan harus saling menyindir jika tujuan kita satu allah swt san nabi kita nabi muhammad saw
Dan perlu di ketahui banyak orang mencari ilmu di guru tarekat sehingga mereka di suruh ikut perjalanan guru itu baik tujuannya kita di suruh ibadah wajib hidup sederhana bersyukur makanya kalau mau bertarekat pasrahkan diri kita kepada allah jangan tujuannya salah mencari kekuatan allah swt niat yg slah bisa menyebabkan kita ke dalam kesesatan selama itu tidak dilarang oleh allah kenapa tidak selama niat kita kepada allah knp tidak sy heran sama islam yg saling sindir sama sama ahli sunnah kok di bilang sesat 😊

Unknown mengatakan...

Tiada ahli tarekat meninggalkan kewajiban dan sunnah, shalat adalah tiang agama, apabila ada ahi tarekat yg meninggalkannya sesungguhnya dia bukan ahli tarekat saudaraku... Tasawuf merupakan ilmu yang pada dasarnya terletak pada mujahadah, kemurniaan tauhid... Dan tiada perlu seorang tarekat disebut sufi ataupun ahli tarekat krn sesungguhnya itu hnya penamaan saja... Barang siapa yg mampu menahan dirinya seperti berkhalwat, sesungguhnya itulah ilmu2 tasawuf

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum saudaraku, saya adalah salah satu murid tarekat, sungguh apabila solat ditinggalkan bertentangan dengan hukum islam.. Dalam hal ini tasawuf atau sering disebut sufi atau ahli tarekat dan sebutan2an lainnya... Pada dasarnya tasawuf itu mengedepankan mujahadah, menahan diri,.. Dan syariat dijadikannya rambu2 agar berjalan di jalan yg lurus..Saya sudah berjalan di jalan ini... Saya tidak pernah mengkultuskan guru saya.. Namun saya amat mencitainya, menghormatinya, namun kecintaan itu tidak mwlebihi kecintaan kepada Allah dan rasulnya, kecintaannya menjadi genap... Karena ulama adalah pewaris para nabi maka aku mencintai para ulama... Apabila ada yg dijadikannya guru dewa atau apapun tentulah dia sesat sedangkan tarekat atau tasawuf tidaklah seperti itu...

Anonim mengatakan...

maaf say bukan orang tarikat atau apapun saya hanya orang Islam biasa yang sudah mengerjakan 4 dari rukun Islam mudahan bisa dapat yang ke 5 supaya bisa jadi Islam full tolong do'anya teman2.
saya hanya mau bertanya apakah tarikat itu yang mengatakan alloh SWT itu memiliki sifat 20 ya? setahu saya Alloh itu sifatnya tidak bisa disebutkan dengan kata2 apa lagi mau dituliskan dengan tinta seluas lautan dan penanya sebanyak pohon di bumi?
bahkan Alloh bilang maka mereka memberikan sifat kepada kami semau mereka!!!
tolong kalo ada yg bisa jelaskan dari teman2 tarekat.
trims

gus ton mengatakan...

Mrk yg sering menyesatkan2 sesuatu padahal mrk sendiri blm tau yg sebenar2nya bisa bisa dikatakan: takabur merasa paling benar pdhl hny perasaan egonya saja, atau jgn2 malah mrk sendiri yg tersesat.Abdaikan tidak suka sesuatu langsung dianggap sesat.Kasihan ya jk pola fikir spt itu utk dijaman skrg.Bljr dan trs bljr agar ilmu semakin luas, wawasan semakin byk dan pola fikir tdk sempit.

Unknown mengatakan...

Illahianta maksudi
Waridhokal matlubi
A'thini mahabbataka
Wama'rifataka...

Unknown mengatakan...

Illahianta maksudi
Waridhokal matlubi
A'thini mahabbataka
Wama'rifataka...

riyo indra pamungkas mengatakan...

Assalamu'alaikum warokhmatulloh....
Saudaraku seiman ....jujur saya belajar dari salafi...dan kakak saya belajar tarekat dan kita sering diskusi....tapi kok gak pernah nyambung ya???padahal saya tidak menolak tingkatan2 spt syariat,tarekat dll yang saya belum tau.dari pengalaman saya
yg sering ngobrol sama kakak saya knp yg belajar syariat seperti di kucilkan???apa bener sekucil itu?ada pendapat di atas itu seperti SD kelas 1 2 3 4...5 6 nya mana???apakah klo sdh kelas 2 trus gak pake rumus kelas 1??kalo memang bener sudah kelas 2 bukankah rumus2 kelas 1 juga hrus katam...sedangkan rumus2 kelas 1 itu menurut saya itu quran dan hadist....tp kenapa kakak saya yg tarekat itu justru malah kaya menyepelekan rumus kelas 1.padahal itu patokan untuk naik kelas 2 kan??? Kalo saya bilang kita kembalikan ke rumus kelas l kakak saya selalu nyengir spt menyepelekan. Itu kenapa ya???? Saya cuma tidak mau kakak saya menyimpang dari rumus kelas 1 saya untuk naik ke kelas 3 .dikelas 1 di ajarkan jempol + telunjuk = 2 bukankah sama dikelas 2 ??tetep harus pake rumus spt itu Walopun sudah tak menunjukan jarinya seperti kelas 1 tetapi harus memakai rumus itu? Bagi yg mengerti coretan jelek saya ini,mohon di jelaskan segamblang2nya saudaraku...Jazakumulloh...

riyo indra pamungkas mengatakan...

Dan mohon maaf jika ada kata2 yang menyinggung atau memojokan..saya tidak bermaksud demikian.

Surya mengatakan...

Benar sekali Mas ...
Thoriqoh tidak sedangkal itu ...

Surya mengatakan...

Jika anda mengenal bbrp pengikut thoriqoh yg maaf, sombong, takabur dsb,,, itu berati ybs masih belum bisa mencercap dan memjalani ajaran thoriqoh dgn benar, didlm thoriqoh tdk ada ajaran bahwa berdoa sendiri tdk diterima, dan jika meminta doa kyainya,, itu lebih krn mmg kyainya insyaallah lebih makbul, tp tdk berarti suci tanpa dosa, tp setidaknya beliau para kyai ini lebih dekat ke Allah swt drpd kita yg msh belajar ke beliau.
Sebaiknya anda lebih mendalami lagi thoriqoh ini... Apa yg anda ketahui masih sangat sedikit...

Anonim mengatakan...

Mati sendiri2......diazab sendiri2.... Tanggung jawab sendiri2....

admin mengatakan...

Kita pernah belajar mengerjakan soal matematika biasa menggunakan rumus dasar, ternyata ada juga cara cepatnya..

Unknown mengatakan...

terima kasih kongsi ea

Charles zukukov mengatakan...

Ingatlah islam terbagi kedalam 73 golongan hanya satu yang benar.yaitu orang2 yang menjalankan sunah2 nabi muhamad.yaitu tiada di tambah2 dan tiada di kurang2 kan apa ketentuan2 nabi muhamad.jadi ingatlah selagi itu tidak ada di anjurkan nabi kita jangan lakukan.jika kita semua ingin menjadi orang2 di jalan yang benar

Charles zukukov mengatakan...

Berpeganglah kepada alquran dan hadis2 nabi..sesunguhnya tiada yang lebih sempurna dari padanya.jadi ikiti sajalah sunah2 nabi dan jangan ditambah tambah.

Charles zukukov mengatakan...

Ingatlah islam terbagi kedalam 73 golongan hanya satu yang benar.yaitu orang2 yang menjalankan sunah2 nabi muhamad.yaitu tiada di tambah2 dan tiada di kurang2 kan apa ketentuan2 nabi muhamad.jadi ingatlah selagi itu tidak ada di anjurkan nabi kita jangan lakukan.jika kita semua ingin menjadi orang2 di jalan yang benar

Unknown mengatakan...

Betul itu saudaraku terserah kita saja..

Unknown mengatakan...

Sifat Allah SWT yg 20 itu,ada dlm pelajaran agama mas.siswa sd saja sdh diajarkan.sdangkan yg diibatkan air laut sbagai tinta nya&dedaunan d pohon sbgai kertas nya,melukiskan bahwa rahmad/nikmat Allah SWT yg tak terhingga.yg jika air/dedaunan itu dpakai u/mnuliskan rahmad&nikmat-NYA,itupun takkan cukup.maaf,mngkin mas nya harus bnyak baca buku agama lagi.
Smga bermanfaat...

murthu01123601660 mengatakan...

Assalamualaikum, aku tidak berani komen adakah tarekat itu sesat atau tidak. Tapi disini aku rasa terpanggil untuk mengingati saudara Islamku tentang kewujudan gerakan Crypto Jew yg tangan mereka ada dimana2 …dasarnya Yahudi memang pakar penyebar dusta & fitnah dgn tujuan untuk merosakkan ugama samawi lain terutama sekali Islam. Sila kaji gimana Khalifah Islam terakhir jatuh, fahaman2 yg tidak mengalakkan muslim pelajari muncul, kelompok2 yahudi yg dgn luarbiasa memeluk Islam, kemunculan golongan ikutan baru seperti Sabbaiyah, Jafaariah, Wahabbi, pembahagian dunia Arab, Asia Selatan dan Nusantara ke negeri2 kecil bersempadan masing2 ditanam semangat patriotisma, dimatikan semangat kesatuan Islam selepas kejatuhan Uthmaniah, muncul pendapat2 yg mahu halang Islam pelajari tasawwuf dan mengikuti tarekat. India bermusuhan Pakistan, Indonesia-Malaysia, Arab sesama Arab. Sila kaji apa itu Jesuit dan peranan mereka dibalik kuasa Penjajah British, Belanda, Portugis,dsb. Pembelot, pemfitnah Islam tidak muncul kecuali dengan rupa, sama seperti kita, bertutur sama macam kita, kadang2 mereka tahu langsung apa mereka buat, kadang2 mereka agen yg mengikut2 aja apa yg musuh bayar mereka utk lakukan. Jadi aku usul kan supaya kita semua hati2 berkempen menjatuhkan hukum Tangan kita yg menulis, mulut kita yg bertutur akan jadi saksi di akhirat. Berbeda dgn dosa minum arak, itu kita tanggung sendiri. Ini dosa kalau bangsa Islam kita terikut percaya tutur kita menjatuhkan hukum. Bila membudayakan sesuatu yg tidak betul, dosa orang lain kita pikul sekali. Yg aku tahu tasawuf itu wajib dipelajari sama seperti tauhid dan fiqh. Ini 3 yg wajib, ada hadith nabi katakan.Ini 3 juga kita perlu belajar dari guru untuk pelajari. Tarekat ada belajar berkumpul yg diasaskan mulanya oleh para ulama2, orang alim terdahulu yg di turun tangan ke tangan. Memang ada yg batin, ada yg zahir tapi bukan tujuannya untuk yg negatif seperti yg dipesongkan sesetengah pendapat. Selagi tarekat itu tidak menyekutukan Allah, menyuruh pengikutnya tinggalkan perkara mungkar,tidak meninggalkan yg wajib,kerjakan yg sunnah ...itu bukan jalan dekati Allah yg sesat. Mungkin aja kalau seseorang ikhlas untuk dekati Allah, ia bisa aja beri apa pada seseorang…apa yg peliknya jika seseorang itu boleh lihat apa yg org lain tak boleh jika Allah pilih dia.Tapi bila dia mula bermegah2 dgn apa yg diperolehinya, maka hati2lah, sebab itu mungkin tabur dan riak yg sepatutnya tiada pada ahli tasawwuf. Yg aku khuatir, mulut2 yg mahu cipta perpecahan ummah Muhammad untuk jauhkan umat Islam pelajari tasawwuf, sebab pelajari 1. FIQH, 2 TAUHID & 3. TASAWWUF adalah WAJIB bagi semua akhil baligh Islam. Pulang lah, berpegang pada AlQuran dan Hadith rasulullah. Tinggalkan sesuatu yg samar tidak pasti, kerana nabi s.a.w. telahpun berpesan. Hati2 akhir zaman terlalu banyak fitnah. Assalamualaikum w.b.r.

Aprinaldi mengatakan...

Itu kategorinya pada ilmu yang bermamfaat ngerti cos, karna seseorang mengajarkan ilmu kepada saudara nya walaupun dia nggak di doakan pasti nyampek pahala amalan yang di lakukan saudara nya tadi itulah yang di namakan ilmu yang bermamfaat

sukaku mengatakan...

Profil lu mantap,
Sebenar nya yg mulut nya kaya wc ya mulut mu.

Hamba bodoh,miskin ,hina dan papah mengatakan...

Seekor anak ikan yg hidup dalam air bertanya kepada ibu nya :
"Bu ,air itu seperti apa dan bagaimana?"

Dan ibu ikan menjawab :
"Nak ...Klo ingin tau jawaban nya, loncat lah kamu kedaratan ,dan lihat kemari "

Roygokuza mengatakan...

Kalau ngk tau dan ngk pernah menjalani tarekat sah2 saja bilang sesat, setau saya mursyid di tarekat naksabandiyah selalu masih hidup, dan saya banyak menyaksikan orang pengamal tarikat naqsabandiyah akhlaknya di atas rata2, hati mereka bersatu, penuh kekeluargaan, yg bilang sesat itu yg harus bertobat

Anonim mengatakan...

Untuk masalah Ilmu Tarekat menurut bijak saya bukan tempatnya di ulas disini...harus sangat hati2..krn jelas akan menimbulkan perdebatan yg gd akhirnya..

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya. Bagaimana jika ada seorang guru yg mewajibkan membayar zakat pada muridnya utk gurunya itu. Dan sang guru itu juga terkadabg menarik iuran yg jumlah nominal nya di tentukan oleh sang guru mursyid itu sendiri?? Apakah ini ajaran yg benar??

Unknown mengatakan...

Iya si DJ tu sepintas terlihat pintar, tapi sebenarnya bodoh parah
Gak ketulungan

Unknown mengatakan...

Kalo yg itu udah jelas sesat. Memangnya kita itu najis seperti anjing apa?? Itu namanya aliran LDII, ada yg nyebut LEMKARI,dan ada lagi yg menyebut aliran MASALEMBO. sudah jelas sesat ini.

Unknown mengatakan...

Iya si DJ tu sepintas terlihat pintar, tapi sebenarnya bodoh parah
Gak ketulungan

Dedy mengatakan...

Izin saya tambahkan..sy jg pengamal tarekat..zikir itu slah satu fungsinya mmbersihkan hati,sholat itu wajib utk itu kita wajib jg sholat dlm bersih hati mnghadap Allah dan bukan sholat itu hnya utk mnggugurkan kewajiban semata..maka wajar ktika org bru brtarekat dy malu utk sholat dlm keadaan hati yg kotor penuh dgn kecintaan dunia,ksombongan,ke-aku-an diri,cinta harta,jabatan..mngkultuskan guru itu bukanlah org nya tapi paham ilmu yg d berikan Allah kpd nya maka wajiblah kita sngat mnghormatinya,mematuhinya

Dedy mengatakan...

Org yg rajin bribadah saja dlm kelakuan sehari2 berbeda2..ad yg sholat tp msh mabuk,judi,diskotik..ad yg sholat ga sperti itu..ikuti yg baik tinggalkn yg tdk baik jgn malah mngkotori yg baik2

Dedy mengatakan...

Nah..makanya yg mw bertarekat harus benar2 illahi anta maksudi waridhoka mathlubi..jgn prnah ada keinginan lain apalagi pengen sakti

Dedy mengatakan...

Subhanallah...sy jg prnah dngar tntang itu..benar kata @Krisna Kris dan slma sy brtarekat tdk prnah d ajarkan sprti itu

Dedy mengatakan...

Subhanallah...yg uda bingung insya allah g bngung lgi ya..trima kasih saudara ku @rahadyan mahatma

Unknown mengatakan...

Saya cuman menjelaskan mohon jangan bilang sesat atw pun apa karan ketidak tahuan karna suatu ilmu..tidak ada dalam ilmu tarikat mendewakan durunya tidak ada dalam tarekat mentuhankan gurunya..mengajilah smapai tamat sodaraku biar tahu mana yang bnar dan yang salah.(sebaik2 nya pembantu iman adalah ilmu sebaik2nya pembantu ilmu adalah akal sebaik2 nya pembantu akal adalah kelembutan dan sebaik2nya pembantu klembutan adalah lunak)..
Pergunakanlah ilmu,dan akal mu untuk mengkokohkan ke imanan

Unknown mengatakan...

Saya cuman menjelaskan mohon jangan bilang sesat atw pun apa karan ketidak tahuan karna suatu ilmu..tidak ada dalam ilmu tarikat mendewakan durunya tidak ada dalam tarekat mentuhankan gurunya..mengajilah smapai tamat sodaraku biar tahu mana yang bnar dan yang salah.(sebaik2 nya pembantu iman adalah ilmu sebaik2nya pembantu ilmu adalah akal sebaik2 nya pembantu akal adalah kelembutan dan sebaik2nya pembantu klembutan adalah lunak)..
Pergunakanlah ilmu,dan akal mu untuk mengkokohkan ke imanan

Unknown mengatakan...

Saya cuman menjelaskan mohon jangan bilang sesat atw pun apa karan ketidak tahuan karna suatu ilmu..tidak ada dalam ilmu tarikat mendewakan durunya tidak ada dalam tarekat mentuhankan gurunya..mengajilah smapai tamat sodaraku biar tahu mana yang bnar dan yang salah.(sebaik2 nya pembantu iman adalah ilmu sebaik2nya pembantu ilmu adalah akal sebaik2 nya pembantu akal adalah kelembutan dan sebaik2nya pembantu klembutan adalah lunak)..
Pergunakanlah ilmu,dan akal mu untuk mengkokohkan ke imanan

Arif Efendi mengatakan...

Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk ke jalan yg lurus, jalan yg diridhoi Nya .. apa benar dlm tarekat kalau sampai tingkatan ma'rifat tidak perlu sholat lagi? cukup di batin saja..kalau itu benar..inilah sebenarnya ..ajaran yg sesat itu..nabi Muhammad sendiri.tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu..meskipun telah dijamin oleh Allah Masuk surga.. dan mengingatkan sholat wajib / 5 waktu.itu termasuk menyelisihi perintah Allah dan Rasulnya..itulah kesesatannya..

Arif Efendi mengatakan...

15.47
Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk ke jalan yg lurus, jalan yg diridhoi Nya .. apa benar dlm tarekat kalau sampai tingkatan ma'rifat tidak perlu sholat lagi? cukup di batin saja..kalau itu benar..inilah sebenarnya ..ajaran yg sesat itu..nabi Muhammad sendiri.tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu..meskipun telah dijamin oleh Allah Masuk surga.. dan meninggalkan sholat wajib / 5 waktu.itu termasuk menyelisihi perintah Allah dan Rasulnya..itulah kesesatannya..

Arif Efendi mengatakan...

15.47
Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk ke jalan yg lurus, jalan yg diridhoi Nya .. apa benar dlm tarekat kalau sampai tingkatan ma'rifat tidak perlu sholat lagi? cukup di batin saja..kalau itu benar..inilah sebenarnya ..ajaran yg sesat itu..nabi Muhammad sendiri.tidak pernah meninggalkan sholat 5 waktu..meskipun telah dijamin oleh Allah Masuk surga.. dan meninggalkan
sholat wajib / 5 waktu.itu termasuk menyelisihi perintah Allah dan Rasulnya..itulah kesesatannya..

Unknown mengatakan...

Betul sodaraku👍dalam agama islam jangn menyalahi apa yg kamu belum pahami.

Unknown mengatakan...

Hrs tau dl p arti tarekat..tarekat bhs arab tariqoh..arti nya jln/mencari..jd bkn sesat tarekat itu..alloh menciptakn 2 pilihn..mau jln benar p jln salah silahkn.mau jln g sesat p sesat..silahkn klau sy..pilih jln bener n jln g sesat.biar slamt amin....

Anonim mengatakan...

Kah kah.. pala butoh tarekat. Ulama konon konon semua butoh. Kaki penipu. Semua ulama su. Takda satu pon tarekat benar. Semua butoh.

Unknown mengatakan...

Btul kata herman bageur itu..... Itu baru org yg ber ilmu... Agama itu harus masuk akal... Jgn mengakal akali... Org2 skrg banyak yg pandai berbicara... Tetapi tdk pandai berbuat apa yg dia bicarakan...

Wawan Al Bahlul mengatakan...

...Sobat..mari kita kembalikan semua pada Alquran dan hadits sahih..Insyaa Allah akan di beri petunjuk jl yg lurus..hindari bid'ah yg menyesatkan krn agama ISLAM mengajarkan keseimbangan bukan kesempurnaan menuju keselamatan..@

bersikaplah sederhana krn sesungguhnya kesederhanaan itu membukakan pintu Rahmat..@
Salam..@����

Duan mengatakan...

Tdk ada jalan menyimpulkan tarikot itu sesat atau tdk, terkecuali dgn banyak belajar dan berguru. Seorang sufi/guru tarikonpun tdk berhak menyimpulkan tariqot sesat atau tdk jika tdk banyak berguru. Lailahaillaloh itukan pengakuan dan pernyataan semua mahluk, pernyataan semua nabi, pernyataan semua agama di dunia ini. Hanya saja karena nabi muhammad berasal dari arab, tentulah beliau berbahasa arab. Berhubung karena weda ada di india, tentulah weda itu berbahasa india. Metode/tariqot spiritual agama islam dalan pensucian hati/diri pasti sama dgn agama budha, kalau ga percaya cobalah ikuti metode spiritual agama budha, dan hasilnyapun akan sama dgn agama islam, cahaya cahaya hati yg didapati dalam metode spiritual agama islampun akan sama didapatkan adalam metodw spiritual agama budha, ga percaya cobalah ikuti metode apiritual agama budha. Demikian juga dgn metode spiritual agama yahudi hasilnyapun pasti sama, ga percaya niiii cobalah ikuti dan berguru apiritual yahudi dan budha. Kenapa bisa sama hasilnya???, sebab semua mahluk punya guru asal mula yg sama yaitu lailaha illalloh, hanya bahasanya saja yg beda tetapi metide tuk mencaoai adalah sama. Dan tak salah kan banyak berguru, agar kita dapat menyimpulkan tarikot itu sesat atau tdk. Semoga kita mendapat hidayah dgn banyak belajar dan berguru.

Duan mengatakan...


Tdk ada jalan menyimpulkan tarikot itu sesat atau tdk, terkecuali dgn banyak belajar dan berguru. Seorang sufi/guru tarikonpun tdk berhak menyimpulkan tariqot sesat atau tdk jika tdk banyak berguru. Lailahaillaloh itukan pengakuan dan pernyataan semua mahluk, pernyataan semua nabi, pernyataan semua agama di dunia ini. Hanya saja karena nabi muhammad berasal dari arab, tentulah beliau berbahasa arab. Berhubung karena weda ada di india, tentulah weda itu berbahasa india. Metode/tariqot spiritual agama islam dalan pensucian hati/diri pasti sama dgn agama budha, kalau ga percaya cobalah ikuti metode spiritual agama budha, dan hasilnyapun akan sama dgn agama islam, cahaya cahaya hati yg didapati dalam metode spiritual agama islampun akan sama didapatkan adalam metodw spiritual agama budha, ga percaya cobalah ikuti metode apiritual agama budha. Demikian juga dgn metode spiritual agama yahudi hasilnyapun pasti sama, ga percaya niiii cobalah ikuti dan berguru apiritual yahudi dan budha. Kenapa bisa sama hasilnya???, sebab semua mahluk punya guru asal mula yg sama yaitu lailaha illalloh, hanya bahasanya saja yg beda tetapi metide tuk mencaoai adalah sama. Dan tak salah kan banyak berguru, agar kita dapat menyimpulkan tarikot itu sesat atau tdk, sehingga kita dapat mengambil keputusan tinggalkan tarikot atau tdk. Semoga kita mendapat hidayah dgn banyak belajar dan berguru.

Duan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Duan mengatakan...

Terkadang kita menuding seseorang tdk tau rasanya kopi, tetapi kitapun belumlah memcicipi semua jenis kopi. Patutkah kita membuat pernyataan rasanya kopi, tentu masih ada yg lebih patut membuat pernyataan rasanya kopi. Patutkah kita membuat pernyataan tarikot itu benar, tentu masih ada yg lebih patut. Ternyata nabi musa merasa lebih pintar di dunia ini, turunlah firman, hai musa masih ada yg lebih pintar darimu yaitu khidir, hahahahahah.

Duan mengatakan...

Terkadang kita menuding seseorang tdk tau rasanya kopi, tetapi kitapun belumlah memcicipi semua jenis kopi. Patutkah kita membuat pernyataan rasanya kopi, tentu masih ada yg lebih patut membuat pernyataan rasanya kopi. Patutkah kita membuat pernyataan tarikot itu benar, tentu masih ada yg lebih patut. Ternyata nabi musa merasa lebih pintar di dunia ini, turunlah firman, hai musa masih ada yg lebih pintar darimu yaitu khidir, hahahahahah.

Duan mengatakan...

Eksen lagi aaaaah. Bata, bata, bata dalam pensucian hati salah satu agama, selanjudnya budha budha budha dalam pensucian hati di agama lain. Allah allah allah dalam 4 atau lebih agama lainnya. Kesepuanya itu diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah "tuhan". Jika dalam bahasa indonesia tuhan tuhan tuhan begitu, hehehehehe, tuhan tuan tuhan itu atau lailahaillalloh itu dipantulkan kehati menurut tingkatannya. Naaah, sekarang berangkat ke hasilnya bagaimana????, hahhahhah, hasilnya semuanya sama. Ga percaya cobalah tariqot agama lain. Supaya tau benar benar rasanya kopi. Kita rasakan kopi itu enak, ternyata masih ada yg lebih benar darikita yaitu "aku rasakan kopi enak, tapi ternyata kopi membuat saya sakit jantung. Yang mengatakan saya rasakan kopi itu enak tapi ternyata kopi membuat saya sakit jantung merasa lebih benar, eeeeeeh ternyata masih adaaaaa lagi yg lebih benar.

Duan mengatakan...

banyak berguru dan banyak latihan batin yg penuh dengan tantangan dan perjuangan yg luar biasa, serta dgn syariat yg benar dan perjuangan mempertahankan syariat yg telah kita pelajari lebih awal, serta dgn keiklasan yg benar. Tuhan akan membuka rahasia tarikot itu apa. Tetapi yang pasti apa yg diramalkan oleh muhammad akan terjadi islam itu banyak golongan sudah terlihat depan mata. Belajarlah abanganda/pak/ibu

Duan mengatakan...

“Andai kalian mengetahui apa yang aku ketahui, nescaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” (Bukhari dan Muslim).dahulu di kabbah tak boleh bersentuhan perempuan dan lelaki, tapi kini allah jadikan itu sudah tak mungkin lagi. Dahulu kiblat kita mengarah ke palestin, kemudian allah ganti menghadap kabbah,dahulu nabi musa dijadikan allah paling pintar kemudian trun firman hai musa masih ada yg lebih pintar darimu yaitu khidir. Dahulu tariqot itu mungkin saja benar, tapi kini apa yg diramalkan muhammad sudah depan mata, islam terpecah pecah dgn banyak golongan. Ikro, bacalah.

Duan mengatakan...

Ikro/baca adalah wahyu pertama turun. Orang awam polos saja mengartikan ikro itu yaaaa kita disuruh membaca. Kemudian ikro dikembangkan dalam ilmu laduni/tasyawuf yaitu yg dibaca adalah allah alllah allah dalam hati, naik tingkatan demi tingkatan hingga di tahlil juga tingkatan dwmi tingkatan. Tetapi ternyata pohon kelapa itu semakin tinggi dia akan semakin merunduk hingga ada sebagian dia diharuskan tumbang ke bawah saking tingginya, barulah pohon kelapa mengaku ternyata aku kembali juga kebawah, dia bilang ngapain aku jauh jauh ke atas, toh pada akhirnya aku tersungkur kebawah juga. Law begitu ngapain kita keatas, toh yg paling baik itu tetap aja yg paling bertakwa, mengerjakan sholat, puasa, sedekah, jikir semampunya, dll. Toh ketika nabi meninggal jelas berkesan yg tak terlupakan dan yg paling dicintai adalah ummat. Barulah dia mengatakan, huruf "o"itu ternyata bulat wkwkwkwkw, anak kecil aja tau huruf o itu bulat gigigigigi.

Duan mengatakan...

Barulah si ahli toriqot yg mendaki ilmu ilahi itu mengerti setelah tdk ada lagi tangga yg harus di daki, lama dia ditas sendirian sebab jabab jarang orang sanggub sampai di atas, barulah dia mengeri ternyata adam tidak merasa enak tinggal di sorga kalau hanya sendirian. Sadarlah dia kan dibawah banyak teman lantas diapun turun dgn mengatakan "akukan cuma disuruh membaca/ikro", barulah di rajin baca quran.dia bilang lagi aku kan cuma disuruh berjikir, bukan disuruh berjikir itu dgn begini atau begitu. Lantas ditinggalkannyalah semua karomah dari hasil pendakian batinnya. Barulah dia mengerti seandainya didunia ini tdk ada aliran aliran islam, golongan golongan islam tentulah kami takkan terpecah, kini mengertilah si ahli toriqot itu ahlisunnah waljamaah itu yg mana. Mengertilah dia bedanya ummat muhammad dgn ummat nabi nabi lainnya, dibilang syukurnah nabiku muhammad sebab enak tak perlu mendaki daki wkwkwkwkwkwk

Unknown mengatakan...

Kalau kalian berdebatkan agama islam perintah nya sdh jelas KATAKAN AKU BERSERAH DIRI PADA ALLOH, berbuat baik se banyak2nya ber dzikir se banyak2 nya pagi dan petang dan iklas lillahi ta alla, bukan karena madzab manhaz dsg ingat iklas iklas dan iklas sesuai rukun islam dan iman, semoga ber
Manfaat dan bisa ibadah dgn iklas Aamiin

Unknown mengatakan...

Demi Allah yang menguasai diri saya,apa yang telah Toni Gus katakan itu benar cari guru tarekat yang resmi silsilahnya dan sanad nya sampai sahabat nabi stelah itu ke Rasullullah..
Jadi itulah Ulil amri yang sebenarnya(guru agama kita di dunia dan di akhirat),karena nanti di akhirat kelak Allahu Akbar akan menghimbau kepada seluruh manusia akan diseru berkumpul dipanggil oleh kepala rombongan masing masing yang dipimpin oleh guru tarekat kita ( yang selalu mengajarkan semua ilmu agama Islam dan di asuh nya kita ketika kita hidup dunia ini)
Dan kita bebiat(berjanji) kepada guru kita dan kita menjadi murid nya belajar sampai akhir hayat kita.

Semoga kita keluar dari agama jahiliah ( kebodohan)
Kepada agama Islam yang di ridai Allah SWT dan
Nabi kita Rasullullah syaidina Muhammad Saw( Habibullah/kekasih) Allah adalah Nabi dan rasul rahmatanL Al-Amin( Pemimpin dan Utusan Terakhir untuk seluruh alam,makhluk hidup malaikat,manusia,hewan,tumbuh-tumbuhan dll

Semoga kita semua selalu mendapatkan petunjuk,karunia Allah untuk mencapai Ridha nya Allah.

Dan kelak semua nya umat muslim dan mukmin di pertemukan di surga nya Allah...

Amin
Amin
Amin...

Ya rabbal Al-Amin.

yhy mengatakan...

Tarekat yang tidak sesuai syariat dari Al Quran dan As Sunnah adalah sesat

Sinikang mengatakan...

Setuju bgt...

Unknown mengatakan...

Blm prnh saya temukan mazhab 4,mmbagi,fikih,tauhid,tasawuf,setahu saya,fikih,tauhid,akhlaq

Unknown mengatakan...

Ya allah berkahilah negeri indonesia islam yg rahmatanlilalamin,jauhkn dari cacian,makian,umpatan kotor sesama muslim,imam mazhab 4 tdk pernah kenal yg namanya sufi,atau tasawuf,itu saja dr saya

Unknown mengatakan...

Blm prnh saya temukan mazhab 4,mmbagi,fikih,tauhid,tasawuf,setahu saya,fikih,tauhid,akhlaq

Unknown mengatakan...

Tk kenal ndasmu.. Ngaji yg bner

Unknown mengatakan...

Sesat ndasmu somplak!!!

Unknown mengatakan...

Lu yg sesar

Unknown mengatakan...

Sesat ndasmu somplak!!!